Diagnosis Bau Mulut

Diagnosis Bau Mulut – Untuk melakukan diagnosis bau mulut atau halitosis biasanya lebih mudah, karena pasien sendiri sudah bisa merasakan bau tak sedap dari mulut saat bernapas atau diberitahu pasangannya. Akan tetapi bila tidak disadari biasanya bisa ditegakkan dengan pemeriksaan halimeter atau gas kromatografi.

Penyebab Halitosis Bau Mulut

Mekanisme halitosis yang paling banyak adalah di lidah. Saat bicara lidah akan menyentuh langit-langit, saat menyentuh itu ada flek pembersihan sehingga lidah bagian depan bisa bersih. Lain halnya dengan lidah bagian belakang yang tidak menyentuh langit-langit, sehingga kalau kita makan terus tertumpuk  di belakang lidah, jarang bicara, atau tidur terlalu lama, menyebabkan bakteri tertumpuk dan menimbulkan bau yang khas seperti sulfur.

Diagnosis Bau Mulut

Diagnosis Bau Mulut

Lebih dari 600 tipe bakteri ditemukan di mulut. Beberapa diantaranya dapat menghasilkan bau yang tak sedap. Bau tak sedap ini umumnya dihasilkan dari pemecahan protein menjadi asam amino, lalu pemecahan asam amino menghasilkan gas.

Beberapa bagian di mulut yang juga memberikan kontribusi bau mulut adalah celah gigi, pinggiran gusi dan permukaan gigi bagian gigitan, sisa makanan diantara sela gigi, abses dan gigi yang tidak bersih. Lesi didasar mulut disebabkan oleh infeksi virus seperti penyakit Herpes Simplex, dan Human Papilloma virus juga berperan pada bau mulut tidak enak. Semua organ di mulut bisa menimbulkan halitosis dari lidah, gigi, tambalan yang kurang bagus, ada juga radang gusi yang sifatnya akut bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

Diagnosis Bau Mulut

Diagnosis bau mulut yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah adalah :

  1. Menggunakan cermin
    Anda berdiri di depan cermin, kemudian julurkanlah lidah Anda keluar. Dan kemudian Anda akan melihat bahwa pada baagian posterioir lidah Anda akan berwarna menjadi keputihan. Hal ini merupakan salah satu cara sedrhana yang bisa dilakukan untuk diagnosis bau mulut.
  2. Menjilati tangan Anda dengan lidah
    Dengan melakukan cara ini maka Anda akan melakukan diagnosis bau mulut sendiri. Jika bau dari air liur yang kering diatas tangan Anda menimbulkan bau kurang sedap, maka Anda mempunyai masalah pada bau mulut.
  3. Benang gigi
    Anda bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi dalam melakukan diagnosis bau mulut. Disaat Anda mulai mencium bau mulut yang kurang sedap, walaupun Anda sudah meletakkan benang agak jauh dari letak hidung, namun jika Anda mencium bau mulut yang parah kemungkinan Anda mengalami masalah bau mulut.

Sedangkan diagnosis bau mulut yang dilakukan dookter adalah dokter gigi kebanyakan melakukannya dengan menggunakan sepotong kapas dan menggosoknya pada permukaan atas lidah. Ini adalah salah satu cara yang terbaik untuk membantu mengetahui bau tidak sedap dari mulut Anda. Anda juga bisa melakukannya sendiri dirumah. Kapas penyeka ini akan menghasilkan beberap noda yang berwarna agak kuning jika Anda sudah menyeka lidah yang menderita bau mulut. Senyawa yang dihasilkan tadi adalah VSC yakni senyawa sulfat yang mudah mengalami penguapan.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Lalu, jika Anda mengalami masalah bau mulut ini? Apa yang harus dilakukan? Menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan melakukan cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan adalah :

  1. Baking soda
    Baking soda merupakan salah satu cara yang alami yang bisa membantu untuk mengurangi bau mulut. Caranya adalah dengan menggosok gigi Anda dengan menggunakan baking soda yang bisa membantu membunuh kuman yang ada di dalam mulut Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk berkumur-kumur. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan menggunakan air yang hangat, setelah itu gunakanlah air tadi untuk berkumur.
  2. Air
    Cara mengatasi bau mulut dengan menggunakan air adalah hanya dengan berkumur dengan mulut Anda. Berkumur dengan air putih akan membantu membersihkan mulut Anda dari sisa-sisa makanan yang masih ada di dalam mulut.
  3. Minyak pohon teh
    Cara mengatasi bau mulut dengan menggunakan minyak pohon teh. Minyak pohon teh mempunyai sifat antiseptik yang membantu untuk membunuh kuman yang banyak di dalam mulut. Anda bisa memberikan beberapa tetes dari minyak pohon teh di pasta gigi Anda setelah Anda melakukan sikat gigi. Atau Anda juga bisa menambahkan minyak lemon dan juga minyak peppermint, kemudian dicampurkan ketiga bahan ini untuk membuat nafas Anda bisa lebih segar.
  4. Adas
    Ambillah beberapa sendok teh biji adas, kemudian kunyahlah secara perlahan. Rasa pedas yang muncul pada adas ini bisa membantu untuk membunuh kuman dari penyebab bau mulut yang tidak sedap.
  5. Seledri
    Kandungan klorofil yang ada di dalam seledri membantu cara mengatasi bau mulut. Cara membuatnya adalah ambillah segenggam daun seledri dan setelah itu rendamlah dengan menggunakan cuka. Kunyahlah daun seledri tadi paling tidak 2-3 menit dan kemudian rasakanlah ada kesegaran di dalam mulut Anda. Anda juga bisa membuat jus seledri untuk diminum. Selain membantu cara mengatasi bau mulut, jus seledri ini juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah masalah sembelit atau kosntipasi.

Itulah beberapa informasi mengenai bau mulut, diagnosis bau mulut dan juga cara mengatasi bau mulut secara alami. Cara mengatasi bau mulut secara alami bisa Anda coba sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Diagnosis Bau Mulut


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *