Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara Mengatasi bau mulut atau halitosis tergantung penyebabnya, kalau karena makanan berarti kurang atau hindari makanan berarti kurangi atau hindari makanan yang baunya tak sedap. Karena kalau penyakit organ dalam harus diperiksa  dan diatasi penyakitnya. Pencegahan lainnya, harus selalu menjaga kebersihan mulut, pastikan tidak ada sisa makanan tertinggal, rutin membersihkan lidah dengan sikat pembersih lidah.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau Mulut

Masalah bau mulut adalah masalah yang membuat penderita dan orang lain merasa terganggu. Karena masalah ini membuat percakapan antara seseorang dengan oranglain menjadi tidak nyaman. Penyebab dari masalah bau mulut sendiri biasanya karena makanan dan kurangnya kebersihan mulut yang membuat bakteri menumpuk di dalam mulut dan menimbulkan bau tidak sedap.

Air liur berfungsi membasahi mulut dalam mengunyah juga menelan. Kalau mulut kering pemebersihannya juga berkurang pasti banyak makanan yang tertinggal di permukaan lidah. Behel atau kawat gigi tidak secara langsung memicu halitosisi, tapi kalau pembersihannya tidak maksimal, misalnya tertinggal sisa makanan bisa memicu halitosis. Makanan biasanya tertumpuk di bervet kawat gigi, dan dari situlah biasanya halitosis muncul. Bagi mereka yang menggunakan behel perlu lebih ekstra. Karena itu pengguna kawat gigi biasanya memakai sikat gigi yang lebih kecil untuk intradental karena ada froshing khususnya.

Sumber bau mulut lainnya adalah hidung. Ini ditemukan pada napas atau udara yang mengandung partikel yang menyebabkan bau tak sedap . Bau napas yang tak sedap umumnya berasal dari penyakit infeksi sinus atau partikel asing. Sementara itu radang kerusakan jaringan tonsil memberikan kontribusi yang kecil pada halitosis sekitar 3-5%. Luka kecil dan perkapuran tonsil yang disebut sebagai tonsiliths bisa menyebabkan bau mulut tak sedap.

Batas antara lambung dan esofagus terdapat katup yang hanya membuka ke arah lambung. Kalau terjadi hiatal hernia atau penyakit Refluks Gastro Esofageal (asam lambung balik ke esofagus dan baliknya gas ke mulut) bisa menyebabkan bau mulut.

Lambung merupakan sumber bau napas yang tak sedap. Masalah yang terdapat dilambung dapat meningkatkan asam lambung sampai naik ke mulut dan menimbulkan abu tidak sedap pada mulut seseorang jika sedang berbicara atau bernapas. Gas atau substansi dari lambung yang balik ke esofagus merupakan indikasi problem kesehatan seperti refluks.

Selain masalah lambung, penyebab lainnya dari bau mulut adalah makanan. Terdapat beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap seperti petai, bawang bombay, jengkol, dan merokok juga bahkan menyebabkan bau mulut. Ada juga bakteri penyebab bau mulut sehingga hal ini perlu disadari untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Membersihkan permukaan lidah secara rutin dua kali sehari untuk mencegah terbentuknya biofilm bakteri, debris dan mukus adalah cara jitu menghindari halitosis. Selain itu pemberian gel dipermukaan lidah untuk mencegah pertumbuhan bakteri saat mempertahankan kebersihan mulut termasuk kebersihan lidah dan sela-sela gigi.

Obat kumur tidak mampu mengangkat kotoran yang tersisa, hanya membantu berkumur, kalau ada gigi yang berlubang jangan sampai membusuk, cek tambalannya adakah yang bocor, kalau tambalan bocor kita tidak bisa merasakan tapi efeknya akan muncul bau tak sedap di mulut.

Jika diperlukan cara mengatasi bau mulut dengan mengunyah permen karet, karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air ludah dan meningkatkan efek self cleansingb dilidah dan permukaan gigi. Untuk xerostomia (produksi air lidah kurang) bisa dibantu dengan berkumur,mengunyah permen karet, zat perangsang untuk produksi air liur atau jika sangat parah bisa dengan zat pengganti air liur. Jika xerostomia karena efek samping obat, maka bis aminta dokter untuk mengganti obat dengan efek samping yang lebih ringan.

Cara mengatasi bau mulut secara alami yang bisa dilakukan adalah :

  1. Ramuan 1
    Daun beluntas
    Cara membuatnya adalah cucilah terlebih dahulu daun beluntas, kemudian daun beluntas tadi dikukus. Anda bisa mengonsumsi daun beluntas yang sudah dikukus tadi dimakan sebagai lalapan.
  2. Ramuan 2
    Ambil daun sirih yang sudah dicuci bersih kemudian dikunyah-kunyah, dan setelah itu tahanlah selama beberapa menit di dalam mulut, kemudian diludahkan. Lakukanlah hal ini 2-3 kali dalam sehari.
  3. Ramuan 3
    Ambil 5-6 lembar daun sirih dan juga 2 gelas air
    Cara membuat : Rebuslah daun sirih tadi menggunakan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian dinginkan dan setelah itu saringlah dan setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur dilakukan setiap pagi hari dan dilakukan setiap sore hari.
  4. Mengonsumsi air putih yang banyak
    Air putih membantu menyehatkan tubuh dan juga membantu menghilangkan dan membersihkan bakteri di dalam mulut sehingga akan mencegah bau mulut terjadi.
  5. Hindari konsumsi bawang merah dan bawang putih
    Kedua jenis bawang ini akan membuat nafas menjadi kurang sedap dan menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Hal yang harus dilakukan untuk cara mengatasi bau mulut secara alami adalah dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut. Karena terjadinya kerusakan di gigi akan berkaitan dengan masalah bau mulut yang timbul. Oleh itulah, Anda diharuskan mengonsumsi jenis makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi dan hindari makan makanan yang bisa menjadi penyebab bau mulut muncul, Anda bisa menghilangkan bau mulut secara alami seperti diatas.

Cara Mengatasi Bau Mulut


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.