Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap  – Bau mulut atau halitosis adalah bau yang tidak sedap pada mulut yang disebabkan oleh jika rongga mulut tidak dipelihara kebersihannya. Banyak sisa makanan membusuk di sela gigi. Atau ada gigi yang keropos, dan sisa makanan membusuk di dalamnya. Atau gigi sendiri sudah terinfeksi, sehingga terbentuk nanah disana. Bisa juga karena gigi dibiarkan berlapis karang (calculus dentis). Cara mengatasi bau mulut tak sedap ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan rongga mulut, lebih kerap berkumur sehabis makan, menggosok gigi, mengobati gigi yang rusak, dan mengerok karang gigi, masalah bau mulut halitosis ini akan selesai jika cara membersihkan dan memperhatikan kesehatan mulut dengan cara yang benar dan tepat.

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut

Kalau dirongga mulut tidak ditemukan masalah bau mulut, bisa jadi penyebabnya ada di bagian dalam. Mungkin darti lambung. Gangguan lambung menimbulkan bau tak sedap keluar dari mulut. Demikian pula bila ada gangguan paru-paru. Infeksi paru-paru menahun sering menyebarkan  bau busuk yang keluar dari mulut. Cara mengatasi masalah bau mulut tak sedap pada kasus ini adalah dengan mengatasi lambng dan paru, bau kakus dari mulut bisa dihapuskan.

Bau mulut juga bisa berasal dari rongga hidung, jika mengidap peradangan sinus (sinusitis) yang sudah lama, nanah tertimbun di dalam rongga dosekitar hidung. Bau busuk dari nanah yang tertimbun di sana akan menyebarkan bau yang keluar dari mulut juga. Hanya dengan cara mengatasi bau mulut tak sedap dengan melakukan koreksi penyakit sinusitisnya, bau mulut akan sirna.

Bau mulut juga bisa terjadi karena pengaruh makanan. Misalnya, kita menyantap makanan yang memiliki bau khas sehingga bau makanan tersebut berakibat pada udara yang dihembuskan. Pada kasus ini, mula-mula makanan diserap oleh pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru, kemudian diekskresikan (dikeluarkan) dalam bentuk udara yang kita embuskan. Beberapa jenis makanan tertentu seperti bawang putih, petai, jengkol, alkohol atau rokok bisa memicu bau mulut. Cara mengatasi bau mulut tidak sedap pada kasus ini adalah menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap dan melakukan sikat gigi setelah memakan makanan tersebut.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang menjadi tidak percaya diri dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti  penyakit diabetes, pennyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan dan lain sebagainya. Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti air liur kental , mulut kering, dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu, lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan complain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari dalam mulut Anda.

Cara Mencegah Bau Mulut

Anda tentu tak mau bau mulut menghinggapi. Cara mencegahnya yakni peliharalah kesehatan mulut dan gigi  secara teratur. Usahakan setiap  selesai makan atau bangin tidur selalu menyikat gigi.

Jika Anda sudah melakukan cara mengatasi bau mulut tak sedap seperti diatas, namun bau mulut masih ada sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter gigi. Biasanya dokter atau tenaga profesional akan melakukan penanganan khusus. Misalnya adalah dengan melakukan penambalan gigi, melakukan skeling atau juga melakukan teknik penyerutan pada akar gigi. Dan selain itu juga dokter gigi biasanya juga akan mencabur sisa dari akar jika radiks atau akar gigi yang bisa menimbulkan masalah penyakit bau mulut.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi bau mulut :

  1. Cek lidah
    Anda bisa mengecek lidah Anda. Jika lidah Anda warnanya agak ;ink atau merah muda dan mengilap, hal ini menandakan bahwa nafas Anda tidak ada masalah dan segar. Namun jika Anda menemukan bahwa lidah Anda berwarna agak putih dan juga bersisik, maka hal ini pertanda bahwa Anda mengalami masalah bau mulut.
  2. Menjilat punggung tangan
    Cara yang paling baik untuk mengetahui Anda mengalami masalah bau mulut atau tidak adalah dengan menjilat punggung tangan atau Anda bisa mengusapkan sendok di lidah. Kemudian biarkanlah sampai kering dan setelah itu ciumlah permukaan sendok. Jika memang berbau tidak sedap, kemungkinan Anda mengalami masalah bau mulut. Karena bau mulut memang cenderung berkaitan dengan masalah kesehatan gigi yang kurang abi. Namun hal ini bukan berarti bahwa orang yang mempunyai masalah kondisi gigi yang baik, tidak mengalami masalah sakit gigi berlubang tidak akan mempunyai resiko dalam mengalami bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara mengatasi bau mulut secara alami adalah dengan menggunakan bahan alami dan herbal. Beberapa jenis bahan alami ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah bau mulut yang Anda alami :

  1. Jeruk nipis
    Cara membuatnya adalah campurkan air perasan jeruk nipis secukupnya saja menggunakan madu murni. Kemudian jika sudah tercampur dengan rata, air ramuan ini diminum dengan teratur dan rutin dalam membantu mengurangi bau mulut.
  2. Rebusan daun sirih
    Salah satu manfaat dari daun sirih selain membantu mengatasi masalah mimisan dan keputihan adalah untuk membantu cara mengatasi bau mulut tidak sedap. Caranya adalah remas daun sirih sampai airnya keluar, kemudian rebus dengan menggunakan air sampai mendidih. Air sirih tadi digunakan untuk berkumur.

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>